Peringatan Hari Pahlawan Momentum Semai Karakter Generasi Bangsa

Peringatan Hari Pahlawan Momentum Semai Karakter Generasi Bangsa 1
12 Views

Sekolah Karakter SD Muhammadiyah 24 Surabaya melaksanakan kegiatan semarak peringatan hari pahlawan dengan berbagai kegiatan yang dapat menumbuhkan nilai-nilai karakter bagi generasi bangsa khusus bagi siswa SDM 24 Surabaya. Kegiatan diikuti 400 siswa dan dilaksanakan di 3 kampus Sekolah Karakter SDM 24 Surabaya, Kamis (10/11/2022).

Ustadzah Norma Setyaningrum, MPd Kepala Sekolah Karakter SD Muhammadiyah 24 Surabaya menyampaikan “Semarak peringatan hari pahlawan kita isi dengan berbagai kegiatan. Mulai dengan nobar “nonton bareng film perjuangan arek-arek Suroboyo, motivasi kepahlawanan dari Veteran Kolonel (Purnawirawan) TNI AL Bapak H. Roeslin HP, dan ditutup dengan kegiatan lomba-lomba. Kegiatan ini dalam rangka menyemai nilai-nilai karakter bagi generasi bangsa untuk menjadi pejuang di masa sekarang dan mendatang. Dalam memakai baju pahlawan pun kami minta kepada anak-anak untuk bisa memahami siapa tokohnya dan apa karakter yang akan diteladani dari tokoh tersebut dalam kehidupan sehari-hari” Tuturnya.
Masih Ustadzah Norma “Tokoh Bung Tomo karakter yang ingin diteladani “Mampu mengobarkan semangat juang dengan pidato yang berapi-api, padahal bukan seorang tentara tetapi mampu mengobarkan semangat untuk orang lain, menurikan ananda Abyan kelas 5 Peduli. Ada juga yang meneladani KH. Ahmad Dahlan “Mendirikan organisasi besar dalam rangka menegakkan agama Islam dan mampu memberikan pencerahan kepada umat untuk terbebas dari penjajahan, ananda Barra kelas 5 Filantropi” Jelas Ustadzah Norma yang juga Pimpinan Daerah Aisyiyah Kota Surabaya.

Meneladani Nilai Perjuangan Para Pahlawan
Hadir sebagai pemateri dalam kegiatan semarak peringatan hari pahlawan Bapak H. Roeslin HP Kolonel (Purnawirawan) TNI AL menyampaikan “Meneladani nilai perjuangan para pahlawan berarti mengingat perjuangannya, meneladani nilai-nilai keteladanan sikapnya dan meneruskan perjuangan dengan mengisi kegiatan dengan terus belajar menjadi generasi yang lebih baik untuk Indonesia yang lebih baik, maju, adil dan makmur. Nah, Kita mulai dengan memahami tugas masing-masing sebagai warga negara Indonesia untuk bersama mengisi kemerdekaan dengan hal yang positif” Tuturnya
Eyang Roeslin menjelaskan “Kalau anak-anak sebagai pelajar adalah belajar, belajar yang semangat supaya menjadi manusia berguna, supaya kita bisa menjadi manusia pemenang, menjadi generasi hebat sehingga mampu membawa negara Indonesia menjadi yang terbaik. Mereka yang sudah tua dilanjutkan atau diganti oleh yang muda-muda sebagai generasi penerus. Tentu yang muda sebagai generasi penerus harus mempunyai kemampuan yang lebih hebat, lebih baik untuk melanjutkan perjuangan membangun Indonesia. Indonesia harus menjadi negara yang nomor satu, dimana hari ini Indonesia sudah menjadi negara terbaik nomor 7 di dunia” Tutur Bapak H. Roeslin yang juga aktif di Organisasi IPHI dan Dewan Dakwah Islamiyah Jawa Timur.

3 Pesan Moral Bagi Generasi Bangsa
1. Memahami secara utuh Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai Negara di Asia Tenggara, Negara kepulauan dengan 17.504 pulau. Negara paling kaya di dunia karena menghasilkan kekayaan alam yang melimpah yang menjadi rebutan negara lain. Semua ini harus kita fahami dan kita jaga bersama.
2. Memahami tentang menjaga persatuan dan kesatuan bangsa adalah tanggung jawab bersama. Dengan memegang prinsip; pertama, Bhineka Tunggal Ika “Berbeda-beda tetapi tetap satu jua”. Kedua, Dasar negara Indonesia adalah pancasila, kelima sila harus bisa difahami dan dilaksanakan oleh setiap pemimpin dan warga bangsa ini dengan baik. Ketiga, Bendera kita adalah Merah Putih sebagai simbul perjuangan, kebanggaan dan kewibawaan sebagai bangsa terhormat, merdeka dari segala penjajahan.
3. Para pahlawan mempunyai sifat-sifat mulia yang patut diteladani yaitu; pemberani, rela berkorban, berjuang tanpa pamrih, setia kawan, dan semangat tempur dengan semboyan ”
merdeka atau mati”. Nah, bagi kita harus mampu mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari, yaitu Semangat menuntut ilmu, patuh kepada orang tua dan guru, belajar dengan rajin, tekun untuk berprestasi, setiakawan dan menjaga kebersamaan serta hindari Narkoba dan perbuatan tercela tercela lainnya” Tutupnya.

Penulis Salman Alfarisi | Liputan Salman Alfarisi Kontributor  di Sekolah Karakter SD Muhammadiyah 24 Surabaya dalam peringatan hari pahlawan tahun 2022.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.